Monday, July 18, 2011

Musim Kering, Abu Vulkanik kembali Beterbangan


Kabupaten Magelang di pertengahan musim kemarau membutuhkan perhatian tersendiri. Sesudah bertubi tubi diterpa bencana merapi, lahar dingin dan diteruskan dengan runtuhnya 16 jembatan  rusak pada akhir 2010 silam. sekarang masih harus prihatin dengan debu vulkanik yang beterbangan di musim kering 2011 ini.   

Kali ini penulis tergerak  untuk menyampaikan kondisi Kabupaten Magelang yang belum pulih sepenuhnya dari berbagi bencana. Sepanjang jalan Kota Mungkid kelihatan putih berkilau adanya sisa-sisa abu vulkanik  kering dan beterbangan. Kondisi ini dikawatirkan akan mempengaruhi kesehatan Masyarakat Magelang, terutama anak-anak yang masih rentan terhadap serangan ISPA,. dari pantauan kami, sejumlah balita mengalami ispa meningkat hingga 20% " Kata  Siti Mudrikatul Jauhariyah salah satu kader kesehatan Desa Borobudur. yang aktif melakukan penimbangan  dan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) bagi Balita,  

Sakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas atau yang dikenal dengan ISPA adalah penyakit yang dapat mengganggu aktivitas dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah debu dengan konsentrasi tinggi di udara yang mengakibatkan gangguan pernafasan, terutama anak-anak. 

Hingga kini, Dinas Kesehatan belum melakukan upaya pencegahan sebagaimana mestinya. Harapannya DInas terkait agar bertindak cepat dan tanggap terhadap kondisi lingkungan yang semakin parah apabila dibiarkan terjadi.

Melalui tulisan ini, Dinas Kesehatan diharapkan dapat melakukan upaya pencegahan untuk mengatasi Debu Vulkanik yang kering beterbangan, terutama di daerah  bencana.  Semoga bermanfaat.!

No comments:

Post a Comment